Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Konservasi Penyu Pascatsunami di Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Sangiang

    Proyek ini akan melakukan suatu upaya konservasi terhadap spesies penyu di Pulau Sangiang pascatsunami selat sunda, akibat dari bencana tersebut berbagai tempat peneluran penyu mengalami kerusakan, oleh karena itu tim akan bekerjasama dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan masyarakat setempat untuk melakukan suatu upaya perbaikan di tempat penangkaran dan habitat alami peneluran penyu yang terkena dampak bencana tsunami, serta pembuatan tempat penangkaran semi-alami di lokasi peneluran.

Output Proyek

    Bentuk akhir dari proyek ini ialah kita dapat melestarikan keberadaan penyu di Indonesia, tepatnya di Pulau Sangiang. Dengan begitu generasi penerus bangsa bisa mengetahui apa itu penyu dengan melihatnya secara langsung bukan hanya melihat foto dokumentasi di internet. Selain itu, dengan adanya spesies penyu di Pulau Sangiang menjadikan daya tarik lebih untuk Pulau Sangiang selain keindahan alamnya, hal tersebut menjadikan Pulau Sangiang sebagai sarana eduwisata dan ekowisata bagi para pengunjung. Dengan adanya pengunjung di Pulau Sangiang, tentu akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat di Pulau Sangiang. Proyek ini juga membantu BKSDA dalam upaya pelestarian penyu di Pulau Sangiang dan menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pengunjung yang datang ke Pulau Sangiang. 

Manfaat Bagi Masyarakat

    Manfaat proyek ini spesies penyu terhindar dari kepunahan dan kelestariannya terjaga, terjaganya kelestarian penyu akan berpengaruh terhadap pengetahuan dan bidang keilmuan yang membahas mengenai penyu. Selain itu, masyarakat Pulau Sangiang juga akan menerima manfaat dari adanya spesies penyu di Pulau Sangiang tepatnya pada sektor ekonomi, dengan adanya spesies penyu di Pulau Sangiang akan menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Keberhasilan proyek ini dilihat dari keefektifan tempat penangkaran penyu keberhasilan banyaknya telur penyu yang dapat menetas di tempat tersebut, pembuatan penangkaran penyu di pulau Sangiang agar masyarakat tidak bingung untuk membantu penetasan telur penyu dan penyu juga dapat menampung lebih banyak telur penyu.

Dokumenter Kegiatan

Diskusi dengan Pihak BKSDA
Diskusi dengan pihak (BKSDA)



pemasangan papan himbauan
Pemasangan papan himbauan

Diskusi dengan Masyarakat
Diskusi Tim Chelonian's Jawara dengan masyarakat pulau Sangiang

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form